5 Hal Sepele Yang Bikin Jerawat Tambah Parah! No.1 Sering Dilakukan…
Mau dapat pahala dakwah? Share ke sahabat muslimah lainnya!

Sahabat muslimah, pernah menyadari nggak kalau jerawat itu bisa makin parah karena hal-hal sepele? Mulai dari kebiasaan soal make up hingga mencuci wajah. Mungkin selama ini kita tak menyadarinya tapi ternyata sebuah kebiasaan sepele bisa membuat jerawat jadi makin parah.

Mengatasi jerawat bisa jadi hal yang membingungkan dan ribet. Kalau tak hati-hati, jerawat yang tadinya hanya satu titik bisa meradang dan bikin kulit terasa tak nyaman. Salah-salah malah perlu tindakan medis dari dokter untuk mengatasi jerawat tersebut.

Nah, sekarang yuk kita bahas soal hal-hal yang sebaiknya dihindari agar jerawat tak makin parah. Let’s find out the details!

  • Menyentuh/Memencet Jerawat

    Saat kamu mengopek, memencet, atau sekadar menyentuh jerawat,akan ada luka yang terbuka. Luka tersebut bisa memberikan kesempatan bagi bakteri untuk masuk dan mengacau kondisi kulit. Alhasil, terbentuklah peradangan di sana. Ketika ada peradangan kemudian kulit akan berusaha menyembuhkan diri, dan hasil peradangan akan menyisakan warna gelap pada kulit. Bekas jerawat pun jadi makin susah dihilangkan.

  • Terlalu Sering Mencuci Wajah

    Bukannya makin sering mencuci wajah maka kulit jadi lebih bersih? Hm, ternyata terlepas dari jenis kulit yang kamu miliki, semakin sering membersihkan wajah justru akan membuat jerawatmu malah makin parah. Hal ini disebabkan karena kondisi kulit yang terlalu kering sehingga menyebabkan kulit jadi mudah iritasi. Kalau memang harus mencuci wajah, jangan lupa untuk jaga kelembabannya.

  • Membiarkan Kulit Terpapar Sinar Matahari Terlalu Lama

    Membiarkan kulit terpapar sinar matahari terus menerus akan membuat kulitmu butuh waktu lebih lama sembuh dari jerawat. Sinar UV menstimulasi melanosis yang akhirnya membuat kulit mengalami perubahan warna. Inilah alasan kenapa kamu disarankan memakai tabir surya untuk melindungi kulit. Selain mencegah perubahan warna kulit, tabir surya juga melindungi dari ancaman radiasi sinar UV serta membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat di kulit.

  • Menggunakan Krim Pemutih Kulit

    Kalau ingin jerawat cepat sembuh, maka fokuskan pada pemakaian krim penyembuh jerawat untuk mempercepat proses penyembuhannya. Lebih baik hindari terlebih dahulu penggunaan krim pemutih. Krim pemutih umumnya dapat menyebabkan iritasi ketika dipakai saat jerawat masih meradang. Jadi, lebih hati-hati lagi ya.

  • Penggunaan Ponsel, Topi, dan Ikat Kepala

    Kita mungkin sering berpikir bahwa ponsel adalah benda yang bersih. Tapi tahu nggak kalau ternyata ponsel adalah salah satu benda yang banyak membawa bakteri? Saat dipegang oleh tangan, diletakkan di meja, dan lain sebagainya, ponsel membawa serta bakteri tersebut menempel. Kemudian saat ponsel menempel pada telinga atau kulit yang berjerawat, bakteri yang menempel bisa memperburuk kondisi jerawatmu. Selain itu, penggunaan  ikat kepala (headband) atau topi bisa menyebabkan jerawat semakin parah. Apalagi jika ikatannya ketat, maka ia dapat menggesek kulitmu dan membuatnya semakin iritasi. Jerawat pun jadi makin parah.

Kalau sudah muncul jerawat di wajah, kita perlu lebih memperhatikan kebiasaan dan hal-hal yang kita lakukan pada wajah. Jangan sampai kita ceroboh dan membuat jerawat makin parah sehingga susah disembuhkan.

Semoga info di atas bisa bermanfaat.

Sumber : vemale.com

Facebook Comments

Mau dapat pahala dakwah? Share ke sahabat muslimah lainnya!